Senin, 19 Juli 2010

Gigi Persneling Suzuki Smash Sulit Pindah

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Sungguh menjengkelkan sekali, asyik melesat dengan motor, posisi gigi di girboks nggak mau pindah saat menyalip mobil. Padahal, tangkai persneling sudah ditekan. Gangguan ini dialami Rahary Pengestu, koordinator dokumentasi otomotif Group dengan tunggangannya Suzuki Samsh.

Saking parahnya, Bapak satu anak ini harus menurunkan putaran mesin sampai paling rendah setiap hendak menaikkan gigi dari satu ke dua dan seterusnya. “Kalau rpm masih tinggi, susah pindah giginya. Meski tuas persneling sudah ditekan,” ujar Hary – sapaan akrab Rahary. Lucunya, lanjut warga BSD, Tangerang, ini posisi lampu persneling di panel mau maju ke gigi berikutnya.

Untungnya Hari kenal sama mekanik Xelon Motor Waluyo di Petukangan Utara, Jakarta Selatan dan menceritakan keluhannya. Kebetulan ia sering mengatasi persneling miss di Smash dari model lama sampai yang terbaru.

Penyebabnya, kata Waluyo ada pada coakan (lubang pengait) di lengan penggeser posisi drum pemindah gigi terlalu sempit. Trus, lekukan gigi matahari penahan posisi drum terlalu landai, dan pegas stopper serta per lengan penggeser sudah mulai melemah.

“Nah, kalau coakan lengan penggeser drum pemindah gigi terlalu sempit, biasanya putaran drum penggeser gigi girboks jadi berlebihan. Pantas jika posisi gigi sepereti susah pindah dan lapu gear kayak mau maju lebih dari satu,” ungkap Waluyo.

Parahnya lagi, jika lekukan gigi matahari terlalu landai dan pegas stopper mulai melemah lantaran tidak kuat menahan, terkadang posisi drum pemindah gigi jadi ngambang alias posisi gigi jadi nggak maksimal pada tempatnya.

Cara mengatasinya, Waluyo tidak harus perrgi ke tukung bubut. Sebab, hanya bermodalkan gerinda dan kikir, gangguan itu bisa diatasi. Di antaranya dengan menggerinda setiap coakan lebih lebar 0,5 mm di kanan dan kiri. “tujuannya agar tangkai pengait tidak terlalu banyak memutar posisi drum girboks dan kembali pada posisi semula. Lekukan pada gigi matahari pun dibuat lebih dalam agar drum pemindah gigi lebih mantap di posisi,” tambah Waluyo.

Agar tekanan tuasa persneling tidak lemas, Waluyo menyarankan mengganti pegas klengan penggeser yang baru. Sementara untuk pegas stopper, cukup pindah posisi pengaitnya dari lubang ke tangkai stopper.

http://a-stylebikers.blogspot.com/2009/01/gigi-persneling-suzuki-smash-sulit.html

Artikel Terkait :
  1. Suzuki New Shogun
  2. Pindah Kerja
  3. Pindah Kerja Saat masih Suka, Mungkin Nggak Ya?
  4. Ini Dia Tips Miliki Gigi Sehat
  5. Gigi Putih Dengan Veneer

Buku Murah dengan Harga Diskon

125x125 banner  ad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar